Minggu, 15 Februari 2015

Percaya Diri Berlebihan? Itu Tidak Baik

Lalu apa sih efek samping kalau kamu terlalu percaya diri:
1. Disebelin
Sudah jelas, terlalu percaya diri (overconfidence) biasanya bikin kamu terlihat sombong di mata orang lain. Kamu selalu merasa yakin dengan pendapat dan kemampuanmu tapi nggak sadar kalau kamu sebenarnya memiliki kekurangan yang harus diperbaiki.
2. Nggak berkembang
Karena terlalu percaya diri (overconfidence) dengan kemampuan diri sendiri, kamu jadi nggak sadar kalau ada beberapa kekurangan yang mungkin sudah harus diubah. Misalnya kamu selalu percaya diri buat nyanyi di depan umum, meskipun teknik vokalmu sebenarnya masih standar. Tapi karena kamu merasa suaramu sudah bagus dan nggak mau dikritik, kamu pun jadi malas untuk latihan.
3. Ganggu orang lain
Orang yang terlalu percaya diri (overconfidence) biasanya mendominasi orang-orang di sekitarnya. Ini membuat orang yang minder, jadi nggak nyaman atau semakin minder.
4. Bikin malu
Karena terlalu percaya diri (overconfidence), kadang kita nggak sadar kalau ada perilaku yang sebenarnya sudah malu-maluin banget. Misal, kamu dengan yakinnya mencalonkan diri untuk ikut Indonesian Idol, padahal kamu sama sekali nggak bisa nyanyi. Malu dong, kalau tiba-tiba kamu dishoot dan malah jadi bahan tertawaan orang-orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar